Cara Membuat Executable File (.exe)

Pengertian :
Pada dasarnya file .exe adalah kumpulan file yang dijadikan satu seperti halnya .zip atau .rar. File tersebut sering kita temui pada file download dimana penyedia file tersebut sebelum meng-upload sudah menyatukan beberapa file menjadi satu file agar lebih mudah digunakan dan kita tinggal meng-Exstraknya pada satu folder sesuai keinginan kita.
File exe dapat dibuat dengan perangkat lunak yang sudah tersedia yaitu iexpres.exe. Karena Microsoft tidak menciptakan ikon untuk IExpress dalam menu Programs, kita harus menjalankannya secara manual. Jika Anda menggunakan Windows XP, pergi ke Mulai menu dan klik Run tombol. Pada kotak dialog yang muncul, ketikiexpress.exe dan tekan Enter. Untuk anda yang menggunakan Windows Vista, cukup klik Mulai menu dan mulai mengetik IExpress dan Anda akan melihat ikon popup dalam hasil pencarian.
IExpress berjalan sebagai wizard sederhana dan akan meminta anda beberapa pertanyaan dan berdasarkan pilihan anda akan menghasilkan installer untuk anda. Anda dapat mengikuti pilihan sesuai yang anda inginkan misalkan pada pilihan pertama adalah jika anda ingin membuat Installer baru atau pilihan kedua untuk membuka yang sudah ada.
Sebagai langkah awal untuk mencoba IExpress atau mungkin pertama kali bagi anda menggunakan IExpress, pilihlah opsi pertama dan klik Next. Untuk langkah berikuttnya bisa anda sesuaikan dengan keinginan anda.
Proses Penggunaan IExpress
  • Klik Start lalu ketik IeXpress pada menu start untuk masuk ke Iexpress Wizard.
  • Pada halaman welcome to Iexpress 2.0, pilih [Create new self Extraction Directive File] dan [Next]
  • Pilih salah satu dari paket yang ditawarkan. Pilih [Extract Files and run an installation command] jika file yang akan dibuat merupakan file instalasi. Opsi ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan setup secara otomatis begitu file selesai diekstrak. Pilihan lain yang dapat anda gunakan adalah [Extract Files Only]. Opsi ini akan mengekstrak file ke folder yang sudah anda tentukan sebelumnya. Pilihan yang terakhir, [Create compressed Files only (ActiveX Instals)], untuk membuat kompresi file kabinet bereksrensi CAB. Sebaiknya, Anda tidak memilih opsi yang terakhir ini jika memang tidak membutuhkannya, karena fungsi self extracting tidak disertakan untuk format ini. Setelah anda menentukan salah satu dari ketiga pilihan yang disediakan, klik [Next].
  • Pada package Title, masukan nama paket yang anda inginkan pada kotak masuk yang disediakan, lalu klik [Next].
  • Wizard selanjutnya akan menanyakan anda mengenai Comfirmaton Prompt. Konfirmasi ini akan muncul sebelum pengguna menginstall paket yang anda buat. Pilih [No Prompt] jika anda tidak inginmembuat konfirmasi, atau pilih [prompt user with] jika anda ingin sebaliknya. Pilihan [prompt user with] mengharuskan anda untuk mengisikan pesan informasi yang akan ditampilkan pada kotak yang disediakan. Setelah itu, klik [next].
  • Berikutnya yang muncul adealah mengenai License Agreement. Jika paket yang anda buat berisi program buatan anda dan anda ingin menampilkan pesan “Perjanjian Lisensi” pada instalasinya, pilih [Display a License], kemudian klik [Browse]. Setelah itu, masukan lokasi text (TXT) yang berisi perjanjian lisensi tadi di simpan.Sebaliknya, pilih [Do not display a license] jika anda tidak ingin menampilkan License Agreement. Seperti biasa, lanjutkan dengan mengklik [next].
  • kali ini anda akan masukke package Files. Anda dapat menentukan file yang akan anda masukan ke dalam paket. Caranya adalah klik [add] dan masukan lokasi dan nama file yang akan dimasukan ke dalam paket. Jika nama file yang anda masukan salah, klik file tersebut kemudian klik [Remove]yang terdapat  di bawah table. Selanjutnya klik [next].
  • Jika anda memilih [Extract files and run an installation command] pada awal wizard tadi, maka sekarang anda akan masuk ke install program to launch. Namun apabila anada memilih [Extract files only] atau [Create compressed files only(ActiveX Instals)], anda dapat melompati tahap ini dan masuk ke langkah ke-9. Pada Instal program to launch ini. Cari menu drop down install program lalu pilih nama file berektensi EXE yang ingin secara otomatis dieksekusi setelah paket  selesai di extract. Anda dapat mengisinya dengan file setup program. Pilihlan di bawahnya, post install command akan dieksekusi setelah setup selesai dijalankan. Klik [next].
  • Sekarang anda masuk ke wizard show windows. Tentukan program yang dibuka akan ditampilkan dalam window apa [Max], [Min], [Hidd] atau [Default (recommended)]. Jika anda telah menetukannya klik [next].
  • Wizard kali ini memfokuskan pada Finished Message, pesan yang ditampilkan sebelum instalasi selesai. Pilih [display message] dan masukan pesan yang ingin anda buat. Jika anda tidak ingin menampilkan pesan pilih opsi [ no message]. Klik [next]
  • Selanjutnya anda akan  berada di wizard package name and options. Tentukan  nama file besreta path-nya untuk file kompresi yang anda buat pada kolom yang resedia. Tandai Check box [Hide File Extracting Progress Animatio From User] untuk menghilangkan animasi pada saat ekstrak. Sedangkan untuk tetap menggunakan nama file yang lebih dari 8 karakter pada file yang akan dikompres, anda harus menandai nheck box[Store files using long file name inside package] pada bagian options. Klik [next].
  • satu lagi wizard yang hanya ada pada opsi [Extract files and run an installation command], Cnfiguration Restart. Disini anda dapat menentukan apakah PC akan di restart atau tidak setelah instalasi selesai dilakukan. Pilihan yang disediakan addalah [no restart], always restart], [only restart when needed]. Sebelum merestart, program akan meminta konfirmasi dari pengguna mengenai proses ini. Jika anda tidak ingin konfirmasi restart ini muncul, tandai check box[Do not prompt user before restarting]. Klik [next].
  • Sekarang anda berada di wizard save self extraction directive. Disini anda dapat menyimpan setting yang telah anda buat tadi dalam format.Sed. klik [save self  extraction directive {SED} file]. Lalu tentukan path dan nama file yang anda inginkan. Jikan anda tidak ingin menyimpannya, pilih [don’t save] lalu klik [next] dan [next] sekali lagi.
  • Paket kompresi akan segera dibuat dan setelah proses pembuatan selaesai akan muncul laporannya pada bagian status. Disana terdapat beberapa informasi seperti jumlah file yang dikompres, ukuran file sebelum dan sesudah dikompres, rasionya, serta lama proses kompresi.
  • Akhiri seluruh proses dengan mengklik [Finish].
sumber : https://newgenerationlegacy.wordpress.com/2015/02/12/cara-membuat-executable-file-exe/
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar